Mengenal Programming dan Koding

 

Hi gaes, kalian pasti pernah denger coding? atau ngoding? yuk simak, istilah itu berasal dari mana sih.

Kode merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu Code yang artinya sebuah sistem dari kumpulan kata-kata, simbol, dll. Kode di sini adalah kode yang digunakan para programer untuk membuat suatu program.

Mengapa kita perlu belajar pemrograman? Melihat kembali Indonesia merupakan salah satu negara pengguna internet yang terbesar. Populasi penduduk Indonesia saat ini mencapai 262 juta orang. Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017, menurut laporan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII, Kompas).

Penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari seolah-olah menjadi kebudayaan yang melekat di masyarakat. Tetapi, pernah kah sekali terbesit untuk menjadi salah satu agen perubahan misalnya? Bagaimana jika kita menjadi salah satu dari bagian suatu instansi online yang turut menghasilkan suatu karya untuk konsumsi publik? Salah satunya adalah dengan menjadi programer kita bisa membuat suatu aplikasi yang bisa dijual di pasaran, google playstore misalkan.

Berikut ini merupakan istilah-istilah yang ada dalam pemrograman :

 

Analyst System adalah seseorang yang bertanggung jawab pada penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode – kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata – kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keyword (atau disebut juga reserved word).

Boolean  :  suatu tipe data memiliki dua nilai. Yaitu true atau false (benar atau salah)

C++ :  salah satu bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an

Char  : Variabel yang mewakili suatu karakter tunggal, sebuah huruf, 1 digit, atau tanda baca.

Clrscr  : Clear screen,perintah yang digunakan untuk membersihkan layar.

Cls : perintah untuk membersihkan layar pada CMD. Cara memunculkan CMD adalah dengan Windows+R lalu ketik cmd kemudian enter.

Coding  : menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program. Atau koding sebuah script menggunakan bahasa perograman tertentu dengan aturan tertentu sehingga menghasilkan sebuah karya

Compile :  Penerjemahan Kode Progam menjadi Bahasa Mesin

Const :  nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi const  diletakkan di bawah main , memakai “;”, harus di ikuti type data.

Debug :  metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk menganalisis alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan

Define :  nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah, fungsi define diletakkan di atas main, tidak memakai “;”

Descrement :  digunakan untu pengurangan nilai yang dilakukan setelah suatu variable diproses.

Ekspresi   : Pengkombinasian peubah-peubah dan konstanta untuk menghasilkan nilai baru.

Float  : Variabel yang dapat menampung semua nilai bilangan real, mewakili semua bilangan,dan bilangan dengan pecahan decimal.

Function overloading  :  proses menggunakan nama yang sama untuk dua atau lebih fungsi

Getch  :  untuk menjeda program selama kita menekan sembarang tombol, fungsi getch() tidak bisa kita gunakan tanpa menambahkan header conio.h, karena getch berada di berkas conio.

Include   : termasuk. Compiler dari c++ yang menjalankan program yang dinamakan preprosesor.

Increment   :  operator untuk penambahan nilai

Integer(Int)  :  variable yang dapat menampung nilai positif atau nilai negative.

Interpreting  : menerjemahkan kode

Operand :  nilai yang dilibatkan oleh operator

Operator  :  Suatu tanda atau symbol yang dipakai untuk menyatakansuatu operasi atau menipulasi data.

Operator Aritmatika  : Operator yang berfungsi untuk operasi aritmatika

Operator Assigment : Operator yang berfungsi untuk memasukkan (assign) nilai ke dalam suatu variabel atau konstanta

Operator Binary : Operator yang melibatkat dua operand dalam opersinya

Operator Bitwise :Operator yang digunakan untuk melakukan operasi-opersi yang berhubungan dengan pemanipulasian bit.

Operator Ternary : Operator yang Digunakan dalam operasi yang melibatkan 3 buah operan

Operator Unary   : Operator yang melibatkan sebuah operand

Post Increment  :  Penambahan nilai dilakukan setelah suatu variabel diproses

PreIncrement    :  Penambahan nilai dilakukan sebelum suatu variabel diproses.

Preprocessor  :  sebuah cara untuk menggantikan perintah-perintah yang umum digunakan pada bahasa pemrograman sebelum dieksekusi

Program  :  suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan – keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun yang lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtutan kode – kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut.

Programmer  : profesi menulis program menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, C++, Python, VB, Visual_Basic_.NET, PHP, dan lain-lain untuk membuat suatu program/aplikasi mau pun software.           

Running  :  Proses menjalankan kode mesin sehingga menghasilkan output yang dapat dilihat di monitor.

Sequensial Programing  : Konsep pemrograman berawal dari atas sampai akhirnya paling bawah.

Source Code  : kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi

Struktural Programing : sebuah cara pemrosesan data secara terstruktur dalam analisa, cara dan penulisan pemrograman.

Switch-Case : Merupakan pernyataan yang dirancang untuk pengambilan keputusan yang melibatkan banyak alternatif. Setiap cabang akan dijalankan jika syarat nilai konstanta terpenuhi dan default akan dijalankan jika semua cabang di atasnya tidak terpenuhi.

While : perulanangan while dipakai untuk mengeksekusi blok kode selama suatu kondisi bernilai benar.

 

Fungsi bahasa pemrograman

Secara umum ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, yaitu :

  • Media untuk komunikasi antara operator dengan mesin, sehingga suatu komputer dapat membaca perintah dari operator tersebut
  • Media untuk mengoperasikan sebuah mesin
  • Media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi/software
  • Memberikan perintah kepada mesin dan komputer, meliputi menyunting dan perintah lain agar mesin berfungsi sebagaimana mestinya

 referensi :

(http://tkj-id.blogspot.co.id/2014/12/istilah-dasar-penting-dalam-pemrograman.html)

(https://dosenit.com/kuliah-it/pemrograman/macam-macam-bahasa-pemrograman)

 

Author | PJ Event Jejak Publisher | Mobile Programming

ig @rnrramadhani follow ya ^^

%d bloggers like this: