Tutorial Install Android Studio pada Windows

Kenapa sih kita harus belajar Android Studio? Atau menjajal menjadi developer Android? Dapat kita bayangkan generasi jaman now sudah dihadapkan dengan perkembangan IT yang cukup pesat, bahkan sampai Google sendiri turun tangan untuk bekerjasama memberikan kesempatan dan peluang belajar mengembangkan aplikasi, seperti yang sudah dirilis yaitu program 1000 beasiswa Android untuk Indonesia yang mana Google berkolaborasi dengan mitra lokal seperti Dicoding.  

Kali ini saya akan membahas bagaimana instalasi android studio pada OS Windows. Langsung saja, berikut penjelasannya:

Java

pertama kita harus menginstal Java Development Kit bisa download di sini kemudian instal di PC anda.

Apa itu JRE? JRE yaitu Java Runtime Environment yang berguna sebagai Virtual Machine agar program Java dapat berjalan. Sedangkan JDK merupakan Java SE Development Kit, di mana JRE juga di ada di dalamnya. Dan yang lebih penting adalah di dalamnya terdapat compiler dan tools untuk membuat dan compile program.

Bahasa sederhananya JRE untuk menjalankan program, JDK untuk membuat program.

Android Studio

Android studio merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment ) untuk Android Development yang dikenalkan pihak google pada acara Google I/O di tahun 2013 dan merupakan software yang didorong Google dalam pengembangannya menggunakan bahasa Java, C/C++, Go, xml, dan pada May 2017 Google resmi support Kotlin.  Android Studio berbasiskan JetBrains Intellij IDEA, dan dikhususkan untuk mengembangkan  software berplatform Android.

Untuk Android Studio 3.1.2 untuk Windows 64-bit  bisa download di sini.

Mari langsung saja kita mulai instalasi dari Android Studio.

  • Sebelum mendownload Android Studio, pastikan RAM di PC anda minimal 2 GB, tapi 4 GB ke atas sangat dianjurkan.
  • Download JDK terlebih dahulu dan install JDK
  • Download Android Studio
  • Ikuti petunjukknya sampai selesai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Apabila ditemukan error setelah install selesai, klik error tersebut untuk mengulang mendownload, pastikan internet anda stabil.

 

Author | PJ Event Jejak Publisher | Mobile Programming

ig @rnrramadhani follow ya ^^

%d bloggers like this: